Jumat, 01 Juni 2018

Membaca untuk Bergerak


Manusia tidak bisa lepas dari kegiatan membaca. Mereka tidak bisa lepas dari kegiatan tersebut hanya karena ALLAH telah memberikan mata kepada manusia. Dengan mata, manusia pasti akan selalu membaca meskipun kita memberontak sekuat tenaga karena memang begitulah gunanya.

Membaca memiliki banyak manfaat. Sangat tidak mungkin kutuliskan disini karena tidak semuanya dapat diungkapkan dengan kata-kata. Akan tetapi, kalau boleh saya memilih, kegunaan membaca adalah agar kita menjadi pribadi yang peka.

Kok bisa? Bisa. Manusia, sebagai makhluk visual, tentu dia tidak lepas dari sesuatu yang pasti mampu dia nikmati dengan mata. Dengan melihat, manusia bisa belajar banyak hal yang tentu membuatnya mendapat pengetahuan baru. Dengan melihat, kita sadar, bahwa ada yang tidak baik-baik saja. Yang terlihat oleh mata jelas kezalimannya, yang tak kasat mata disadari dengan mengamati pun memahami lebih dalam. 

Maka dari itu, sangatlah banyak manfaat membaca. Memang membaca ini perlu digiatkan ke banyak orang. Minimal, kegiatan ini perlu diberitahukan ke orang-orang terdekat, karena sejatinya penyebaran paling mudah adalah dari mulut ke mulut. Mari, sebagai mahasiswa yang konon katanya agent of change kita budayakan membaca sebagai ibadah fardhu kita. 

Yogyakarta, 1 Juni 2018
Ditulis dengan kesadaran, bahwa Aku,
Sholahuddin Al Ayubi 
semakin tidak menyadari banyak hal.